Meningkatkan Minat Belajar Dengan program Student’s Class




By: Puspita Sari

Pendidikan untuk anak usia dini sangat perlu untuk mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan mulai dari siswa, orangtua, dan pemerintah yang mempunyai kedudukan tertinggi di setiap urusan kenegaraan. Pada zaman sekarang berbagai inovasi sudah banyak di luncurkan oleh orang-orang kreatif khususnya sebuah inovasi untuk mendukung sistem belajar mengajar di sekolah seperti laptop, smartphone dll. Namun semua itu tidak cukup efektif untuk di terapkan karena banyak para siswa menyalahgunakan teknologi tersebut untuk menonton hal-hal yang berbau negatif. Maka dari itu orangtua turut andil untuk mengawasi anak mereka.

Di samping itu kami sebagai para pemuda penerus bangsa harus bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk adik-adik kita. Seperti misalnya salah satu program kerja yang kami terapkan pada kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di desa Banuaju Barat yang kami berinama student’s class. Pada program ini kami berusaha untuk menarik minat belajar para adik-adik yang bisa di bilang mereka terlalu bersantay ria dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Mungkin karena pemikiran mereka yang “kami dari desa kak tahu membaca dan menulis saja sudah cukup”. Nah...pemikiran yang seperti itulah yang berusaha kami hilangkan dengan salah satunya kami mengadakan persaingan di antara mereka dengan memberikan himbauan bagi siapapun yang berani maju ke depan untuk menjawab pertanyaan setelah selesai pemberian materi. Dan setiap kali dari mereka maju ke depan kemudian menjawab pertanyaan dengan benar kami berinisiatif memberikan sticker di buku mereka masing-masing. Sticker-nya berupa tulisan pujian dalam bahasa Inggris seperti “excellent, spirit, brilliant dll”. Disamping itu kami juga memberikan hadiah bagi para siswa yang memperoleh sticker paling banyak di akhir program student’s class hadiahnya berupa kamus bahsa Inggris bagi dua orang dan rumus Matematika untuk satu orang. Tidak hanya itu namun juga yang lain kami berikan pensil masing-masing satu biji.

Dengan semua itu kami sangat berharap adik-adik yang telah kami ajari dan telah kami berimotivasi menjadi semakin semangat untuk belajar. Selain itu kami berharap mereka membuang jauh-jauh pemikiran bahwa dengan tahu membaca dan menulis saja udah cukup bagi pendidikan mereka. Dan salah satu yang terpenting juga adalah semua hadiah yang telah kami berikan bisa mereka gunakan untuk membantu pengetahuan mereka.


Komentar