Potensi Desa Banuaju Barat

Potensi Desa

Faktor-faktor fisik yang diperlukan dalam perencanaan suatu kawasan adalah topografi, geologi, hidrologi dan kendala-kendala fisik. Topografi merupakan faktor penting dalam penentuan desain tata ruang lahan desa karena dapat digunakan untuk menentukan arah saluran buangan air (drainase), dapat digunakan untuk memperkirakan kestabilan lereng dan dapat dijadikan dasar penentuan lahan yang layak untuk dikembangkan sebagai area pemukiman atau area pertanian, dll.
Fasilitas transportasi umum di Desa Banuaju Barat Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep belum cukup lengkap namun dalam penyebarannya belum merata sehingga belum dapat mendukung sistem transportasi diantara semua dusun. Konstruksi jalan yang ada saat ini terdiri dari jalan aspal dan jalan tanah, dengan kondisi yang cukup hingga baik.

Potensi Sosial Ekonomi Desa
Kegiatan perekonomian suatu desa pada dasarnya bergantung dari aktivitas penduduk yang berkaitan dengan mata pencahariannya di wilayah tersebut. Kegiatan penduduk Desa Banuaju Barat umumnya adalah kegiatan pertanian, perdagangan dan jasa, serta kegiatan industri kecil, yang terdiri dari berapa sektor, antara lain :    
1)    Kegiatan pertanian tanaman pangan (padi, jagung, kacang dan biji – bijian dan cabai )
2)    Kegiatan perkebunan buah-buahan seperti kelapa dan siwalan.
3)    Kegiatan peternakan (sapi, kambing, ayam dll.)
4)    Kegiatan perdagangan dan jasa pengantar tikar dan barang lain.
5)      Kegiatan industri rumah tangga seperti pembuatan gula siwalan, tikar dan tas dari daun siwalan.













Komentar