PENERAPAN SENSECI (Senam Sehat Ceria)




Untuk Ds. Banuaju Barat, Kec. Batang-batang, Kab. Sumenep

By :Luthfiatul Ummah



Senam merupakan suatu gerakan tubuh dengan kombinasi terpadu dari setiap bagian anggota tubuh, mulai dari kekuatan, kecepatan, ketepatan, keseimbangan dan kelentukan. Senam merupakan suatu bentuk inovasi baru yang diterapkan di Yayasan Al Hikmah yang sebelumnya belum pernah ada. Di Yayasan Al Hikmah biasanya tidak dilakukan praktek olarahga  langsung, akan tetapi lebih mempelajari buku-buku Pendidiakan Jasmani Dan Kesehatan saja. Sedangkan dalam hal ini tidak hanya teori saja yang dibutuhkan, akan tetapi juga praktek secara langsung. Olahraga sangat dibutuhkan oleh tubuh seseorang mengingat banyaknya aktifitas yang dilakukan sehari-hari, oleh sebab itu diperlukan suatu olahraga baik berupa senam irama yang sederhana hingga senam aerobik.

Senam sehat ceria sangatlah dibutuhkan sebagai bentuk inovasi baru untuk anak-anak, baik anak-anak MI maupun anak-anak MTS.  Mengingat mereka hanya mendapatkan Pelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan dan tidak ada praktek olaraga secara langsung. Oleh sebab itu diterapkanlah senam sehat ceria untuk siswa-siswi yang terdiri dari dua macam senam, diantaranya yaitu Senam Pinguin dan Senam Gemu Fa Mi Re. Kedua senam ini lebih merujuk pada senam senam sehat ceria yang mana dalam kedua senam tersebut tidak seperti senam-senam SKJ pada umumnya, akan tetapi lebih pada senam dengan joget serta irama lagu yang asyik dan menarik dan seru untuk anak-anak, sehingga anak-anak tidak mudah jenuh dan bosen.

Kehausan mereka akan penerapan olahraga-olahraga secara langsung dapatlah terlihat dari keinginan mereka untuk meminta diajarkan senam. Hal ini dapat dilihat dari antusias, keceriaan serta semangat siswa-siswi dalam mengikuti kegiatan senam tersebut. Senam sehat ceria (SENSECI) ini biasanya dilakukan seminggu sekali setiap hari minggu yang rutin dilakukan setiap minggunya lebih tetapnya dilakukan ketika pagi pukul 07.30 wib. Dalam kegiatan SENSECI (Senam Sehat Ceria) di halaman sekolah Yayasan Al Hikmah yang diikuti oleh semua siswa-siswi, baik siswa MI dan MTS Ghayatul Anwar. Yang mana dari kegiatan tersebut diharapkan senam yang dilakukan setiap minggunya ini dapat diterapkan seterusnya dan berkelanjutan.

SENSECI (Senam Sehat Ceria) ini guna untuk menyadarkan siswa-siswi untuk selalu memperhatikan kebugaran jasmani dan juga menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh yang tidak bisa didapatkan hanya dipelajari melalui teori-teori atau dari buku-buku saja, akan tetapi melalui praktek olahraga atau senam secara lagsung.


Komentar