Pelatihan Pembuatan Selai Siwalan


Oleh Rita Handayani



Pelatihan pembuatan selai dari Si Buah Hitam Berhati Putih (Siwalan) dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2017. Tempat pelaksanaannya ialah di Balai Desa Banuaju Barat . Sasaran dari kegiatan ini ialah ibu-ibu PKK Desa Banuaju Barat  karena mayoritas kegiatan dari ibu-ibu Desa Banuaju Barat  ialah ibu rumah tangga, selain itu ibu-ibu memiliki tingkat ketlatenan dan keuletan yang lebih tinggi. Ibu-ibu Desa Banuaju Barat  memiliki respon yang sangat baik terhadap pelatihan yang kami laksanakan, karena belum ada pelatihan tentang selai sebelumnya.

Bahan utama yang digunakan dalam proses pembuatan selai ialah gula dan buah siwalan yang memiliki tingkat kematangan sedang. Sedangkan untuk bahan tambahannya ialah jeruk nipis sebagai perasa selai siwalan rasa jeruk, dan daun pandan  untuk pewarna maupun perasa selai siwalan rasa pandan. Selai ini nantinya akan dikemas menggunakan kemasan botol kaca. Pemanfaatan buah siwalan sebagai selai memiliki tujuan untuk mengurangi limbah siwalan yang dibiarkan dan dibuang begitu saja oleh masyarakat.

Pelatihan yang kami adakan berjalan dengan lancar dan ibu-ibu mengikuti dengan antusias meskipun ada beberapa orang yang tidak dapat hadir. Selai yang dihasilkan juga memiliki respon yang baik dari warga. Melihat tingginya antusias warga, selain memberikan pelatihan pembuatan selai, KKN 28 juga memberikan resep untuk ibu-ibu. Sehingga ketika ibu-ibu ingin menerapkan dirumah sudah memiliki panduan.

Pelatihan ini memiliki tujuan untuk menambah penghasilan masyarakat, selain itu produk selai dapat dijadikan sebagai makanan khas dari Desa Banuaju Barat. Suatu produk dapat menjadi produk unggulan apabila bahan yang digunakan berkualitas, kami juga menghimbau masyarakat agar tidak menggunakan bahan yang berbahaya dalam pengolahan makanan. Sehingga produk dapat bersaing di pasaran secara sehat. Proses pemasaran selai siwalan harus melalui proses pengenalan terlebih dahulu karena merupakan produk baru. Promosi dapat dilakukan melalui media atau secara langsung kepada masyarakat.

Komentar