Pelatihan Pembuatan Kerajinan



Oleh Rita Handayani dan Hasyim As’ Arie



Kerajinan ini memiliki sasaran yaitu ibu-ibu PKK Desa Banuaju Barat. Kerajinan ini terdiri dari pembuatan Kaligrafi, Hiasan Dinding, Tas, Figora dan Piring Lidi. Kaligrafi menggunakan bahan dasar papan triplek, serabut kelapa, kardus bekas dan batok kelapa. Hiasan dinding menggunakan bahan dasar serabut kelapa dan papan. Tas berbahan dasar dari daun buah siwalan dan figora menggunakan bahan dasar papan triplek serta batok kelapa. Sedangkan piring lidi menggunakan bahan dasar lidi daun kelapa.

Pelatihan pembuatan kerajinan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2017 bersamaan dengan pelatihan pembuatan selai siwalan. Pelatihan yang dilakukan ialah pelatihan pembuatan kaligrafi dan figora saja karena mengingat lamanya proses pembuatan dan waktu senggang yang dimiliki ibu-ibu PKK. Pelatihan kerajinan tersebut memanfaatkan semua bagian dari pohon kelapa maupun siwalan yang terbuang begitu saja. Warga mengikuti pelatihan dengan antusias meskipun tidak sabanyak antusias ketika mengikuti pelatihan pembuatan selai siwalan. akan tetapi KKN 28 tetap optimis dan menyadari bahwa proses pembuatan kerajinan harus memiliki tingkat ketlatenan yang tinggi, selain itu menyita waktu yang cukup lama.

Pelatihan kedua akan dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2017. Pelatihan kerajinan kedua ini ialah pembuatan piring dari lidi. Dengan adanya pelatihan yang telah dilaksanakan, harapannya warga memiliki kreatifitas yang lebih tinggi dan dapat membantu penghasilan dari warga.

Komentar