Belajar lebih cepat dengan menggunakan Media Pembelajaran Kkn 23 0 248 10/08/16 Bimbingan belajar gratis di "SMART CENTER" Kkn 23 0 28 10/08/16 Ciptakan Inovasi baru dari Daun dan Buah Siwalan Kkn 23 0 42 10/08/16 Teknologi Tepat Guna Kkn 23 0 29 10/08/16 Pemasaran Gula siwalan Kkn 23 0 18 10/08/16 Galery KKN 23 Kkn 23 0 30 10/08/16 Kegiatan dari hari ke 21 sampai ke 26 Kkn 23 0 15 10/08/16 Kegiatan dari hari ke 16 sampai ke 20 Kkn 23 0 14 10/08/16 Kegiatan dari hari ke 11 sampai ke 15 Kkn 23 0 16 10/08/16 Kegiatan dari hari ke 6 sampai ke 10

Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk memahami konsep dari abstrak menjadi konkrit. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau keterampilan pembelajaran sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Adanya media pembelajaran, dapat memperlancar interaksi antar guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Selain itu, penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, proses pembelajaran dapat lebih jelas dan menarik, dan meningkatkan kualitas hasil belajar. Media pembelajaran yang dibuat oleh kelompok 23 adalah ROTAR (Roda Berputar) dan Alat penjernih air.



ROTAR (Roda Berputar) adalah media yang digunakan dalam permainan di dalam kelas. Bahan yang digunakan dalam media ini adalah kayu yang dibentuk bulat dimana dalam kayu tersebut terdapat nomor-nomor soal dan jarum penunjuk. Kayu digunakan sebagai bahan utama karena Desa Banuaju Barat memiliki potensi kayu yang besar, serta banyak mebel-mebel kayu. Cara memainkan permainan ini adalah dengan memutar jarum penunjuk. Jika jarum penunjuk berhenti pada angka 1, maka pemutar harus mengambil dan menjawab kartu soal 1. Jika pemutar berhasil menjawab soal dengan benar, maka dia akan mendapat poin 10. Dan jika jawabannya salah, maka dia tidak akan mendapatkan poin. Materi yang digunakan dalam permainan ini adalah kelas 4 SD.
Alat penjernih air adalah alat yang digunakan untuk menjernihkan air kotor. Alat penjernih air yang dibuat adalah alat penjernih air sederhana yang dibuat dari bahan-bahan dari alam.Bahan yang digunakan untuk alat penjernih air adalah kayu yang merupakan salah satu potensi sumber daya alam di Desa Banuaju Barat, botol bekas, kerikil yang didapat di sekitar lingkungan madrasah, serabut kelapa yang banyak ditemukan di rumah-rumah warga, pasir yang banyak ditemukan di sungai, serta spon. Cara menggunakan alat ini adalah dengan menuangkan air kotor di alat penjernih air. Kemudian alat penjernih air akan berkerja menyaring  air kotor yang nantinya akan menjadi jernih.

Manfaat dari pembuatan media pembelajaran adalah untuk membuat pembelajara menjadi aktif dan menyenangkan. Sehingga siswa menjadi tidak jenuh dengan pembelajara yang berlangsung. Hasil yang diperoleh adalah siswa dapat aktif dan tidak jenuh selama proses pembelajaran dan siswa dapat menyaring air kotor menjadi air yang jernih. Hambatan yang terjadi saat pembuatan alat ini adalah kesusahan merakit alat sesuai rancangan yang telah dibuat. Untuk mengatasi hambatan tersebut, kami mempunyai solusi untuk melibatkan warga sekitar dalam pembuatan alat. Ketercapaian target dalam pembuatan media ini cukup memuaskan, karena semua alat telah berhasil di praktikan menjadi media pembelajaran.

Komentar